Rabu, 29 Juni 2011

MANAJEMEN PART I


Manajemen berasal dari management ( noun ),dari to manage (verb) yg berarti  ‘mengatur ‘. Pengaturan dilakukan melalui proses dan diatur berdasarkan urutan dari fungi-fungi manajemen. Manajemen merupakan suatu proses untuk mewujudkan tujuan yang diinginkan.
Definisi Manajemen
Manajemen dapat diterjemahkan menjadi pengelolaan. Manajemen atau pengelolaan adalah penyelenggaraan atau pengurusan agar sesuatu yang dikelola dapat berjalan lancer,efektif,dan efisien. Kegiatan tersebut dimulai dari penyusunan data,perencanaan,pengorganisasian,pelaksanaan samapai dengan pengawasan dan penilaian. ( Suharsimi Arikunto,1986 : 8 )
Management may be defined as the process of planning organizing influencing and controlling to accompolish organizational goals through the coordinated use of human and materials resources. ( Peter K.Pringle dan Michael F.Starr : 1991,3 )
Manajemen adalah ilmu dan seni mangatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai sesuatu tujuan tertentu. ( H.Melayu S.P,Hasibuan : 2003 )
Manullang berpendapat : “ Manajemen adalah seni dan ilmu perencanaan,pengorganisasian,penyusunan karyawan ,pemberian perintah da pengawasan terhadap ‘ human and natural resources ‘ terutama human resources untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan terlebih dahulu. ( Djati Julitriarsa dan John Suprihanto : 1998,3 )
Kesimpulan dari beberapa definisi diatas :
  1. Manajemen mempunyai tujuan yang ingin dicapai.
  2. Manajemen merupakan perpaduan antara ilmu dan seni.
  3. Manajemen merupakan proses yang sistematis,terkoordinasi,kooperasi,dan terintegrasi dalam memanfaatkan unsure-unsurnya ( 6M : Men,Money,Material,Method,Machine,Market)
  4. Manajemen baru dapat diterapkan jika ada dua orang atau lebih melakukan kerja sama dalam suatu organisasi.
  5. Manajemen harus didasarkan pada pembagian kerja,tugas,dan tanggung jawab.
  6. Manajemen terdiri dari beberapa fungsi ( F + POAC + E )= Forcasting+ Planning,Organising,Actuating,Controlling + Evaluating )
  7. Manajemen hanay merupakan alat untuk mencapai tujuan.
Unsur-unsur Manajemen :
  1. Men : SDM yang terkait dengan proses karja sama bersama.
  2. Money : biaya yang diperlukan untuk kegiatan kerja tersebut.
  3. Material :  bahan yang diperlukan untuk melakukan kerja tersebut.
  4. Machine : peralatan yang diperlukan untuk kerja tersebut.
  5. Method : cara untuk melakukan perkerjaan tersebut.
  6. Market : pasar/khalayak yang menggunakan produk hasil kerja tsb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bira Island Liburan Ala Rantau Squad

Sedulur selawase. Yaps, Satu daerah dan senasib sepenanggungan. Beda profesi yang awalnya gak kenal sekarang kita saudara. Kita, Rantau S...