Rabu, 29 Juni 2011

Creative Thinking


Kreatifitas sebagai proses
1. Kreatifitas adalah suatu proses yang menghasilkan sesuatu yang baru,apakah suatu gagasan atau suatu objek dalam suatu bentuk atau susunan yang baru. ( Hurlock 1978 )
- Proses kreatif sebagai ” muncul dalam tindakan suatu produk baru yang tumbuh dari keunikan individu di satu pihak dan dari kejadian,orang-orang dan keadaan hidupnya dilain pihak. ( Rogers : 1982 )
Penekanan pada : aspek baru dari produk kreatif yang dihasilkan
2. Kreatifitas adalah suatu proses upaya manusia atau bangsa untuk membangun dirinya dalam berbagai aspek kehidupannya. Tujuan pembangunan diri itu ialah untuk menikmati kualitas kehidupan yang semakin baik ( Alvian 1983 )
3. Kreatifitas adalah suatu proses yang tercermin dalam kelancaran ,kelenturan ( fleksibilitas ) dan originalitas dalm berfikir ( Utama Munandar,1977 )
Guilford ( 1986 ) menekankan perbedaan berfikir diverge ( disebut juga berfikir kreatif ) dan berfikir konvergen.
Berfikir Divergen : bentuk pemikiran yang menjajagi macam-macam kemungkinan jawaban terhadap suatu persoalan/masalah.
Berfikir Konvergen : sebaliknya berfokus pada tercapainya satu jawaban yang paling tepat terhadap suatu persoalan atau masalah.
Dalam pendidikan formal pada umumnya menekankan berfikir konvergen dan kurang memikirkan berfikir divergen.
Kreatif sebagai Produk
Kreativitas sebagai kemampuan untuk menghasilkan sesuatu yang baru ( 1985 )
Kecuali unsur baru,juga terkandung peran faktor lingkungan dan waktu ( massa). Produk terbaru dapat disebut karya kreatif jika mendapatkan pengakuan ( penghargaan )oleh masyarakat pada waktu tertentu ( Stein,1963).
Namun,menurut ahli lain pertama-tama bukan suatu karya kratif bermakna bagi umum,tetapi terutama bagi si pencipta sendiri.
Kreatifitas atau daya kreasi itu dalam masyarakat yang progresif dihargai sedemikian tingginya dan dianggap begitu penting sehingga untuk memupuk dan mengembangkan dibentuk laboratorium atau bengkel-bengkel khusus tang tersedia tempat.

Resep dari pak Suparwoto yaitu : CUDK
Cita-cita
Usaha
Doa
Kenyataan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bira Island Liburan Ala Rantau Squad

Sedulur selawase. Yaps, Satu daerah dan senasib sepenanggungan. Beda profesi yang awalnya gak kenal sekarang kita saudara. Kita, Rantau S...