Rabu, 29 Juni 2011

MANAJEMEN PART II


Fungsi-fungsi Manajemen :
Menurut beberapa pakar fungsi-fungsi manajemen terdiri atas :
G.R. Terry
DR.S.P.Siagian
Lyndall F Urwick
Rangkuman
Planning
Planning
Forcasting
Forcasting
Organizing
Organizing
Planning
Planning
Actuating
Actuating
Organizing
Organizing
Controlling
Controlling
Commanding
Actuating

Evaluating
Coordinating
Controlling


Controlling
Evaluating
Fungsi-fungsi tersebut merupakan satu kesatuan yang harsu berjalan seimbang. Dengan menjalankan fungsi-fungsi manajemen secara terpadu maka proses mdraih tujuan lembaga/organisasi akan dapat berjalan dengan lancer,efektif,dan efisien.
Muncul pertanyaan :
Apa yang diatur ?
Yang diatur adalah semua unsure manajemen yang terdiri atas men,money,methods,materials,machines,and market ( 6 M ), dan semua aktivitas yang ditimbulkan dalam proses manajemen tsb.

Kenapa harus diatur ?
Agar 6 M tersebut lebih efektif,efisien,terintegrasi,dan terkoordinasi dalam mencapai tujuan yang optimal.
Siapa yang mengatur ?
Pemimpin yang dengan wewenang kepemimpinannya melalui instruksi
Dimana harus diatur ?
Harus diatur dalam suatu organisasi atau perusahaan,karena organisasi merupakan ‘alat’ dan ‘wadah’ untuk mengatur 6 M dan semua aktivitas proses manajemen dalam mencapai tujuan. Pengaturan hanya dapat dilakukan dalam suatu organisasi (wadah/tempat). Wadah adalah tempat kerjasama,proses manajemen,pembagian kerja,delegation of authority,koordinasi,dan integrasi untuk mencapai tujuan.
Pada dasarnya manajemen penting,sebab :
1.     Pekerjaan itu berat dan sulit untuk dikerjakan sendiri,sehingga diperlukan pembagian kerja,tugas,dan tanggung jawab dalam penyelesaian.
2.     Perusahaan akan berhasil baik jikan manajemen diterapkan dengan baik.
3.     Manajemen yang baik akan meningkatkan efisiensi dan efektifitas semua potensi yang dimiliki.
4.     Manajemen yang baik akan mengurangi pemborosan.
5.     Manajemen menetapkan tujuan dan usaha untuk mewujudkannya dengan memanfaatkan 6 M dalam proses manajemen tsb.
6.     Manajemen  perlu untuk kemajuan dan pertumbuhan.
7.     Manajemen membuahkan pencapaian tujuan teratur.
8.     Manajemen merupakan suatu pedoman pikiran dan tindakan.
9.     Manajemen selalu dibutuhkan dalam setiap kerjasama sekelompok orang.
Manajemen dapat diterapkan :
1.     Ada tujuan bersama dan kepentingan yang sama yang akan di capai.
2.     Ada kerjasama diantara kelompok orang dalam ikatan formal dan ikatan tata tertib yg baik.
3.     Ada pembagian kerja,tugas,dan tanggung jawab yang teratur.
4.     Ada hubungan formal dan ikatan kerja yang tertib.
5.     Ada sekelompok orang dan pekerjaan yang akan dikerjakan.
6.     Ada organisasi ( wadah ) untuk melakukan kerjasama.
7.     Ada wewenang ( authority ) dan tanggungjawab ( responbility ) dari setiap individu anggota.
8.     Ada koordinasi,integrasi,dan sinkronisasi ( KIS ) dari proses manajemen tsb.
9.     Ada pemimpin/pengatur dan bawahan yang akan diatur.
10.                       Ada relationship in organization dan human organization.
11.                       Ada the nature of men and the nature of organization.
12.                       Ada komunikasi dan delegation of authority
Unsur manajemen siaran :
1.     Men : SDM penyelenggaraan siaran.
2.     Money : anggaran penyelenggaraan siaran.
3.     Machine : sarana/peralatan penyelenggaraan siaran.
4.     Method : cara/teknik penyelenggaraan siaran.
5.     Material : bahan siaran.
6.     Market : khalayak pengguna jasa penyiaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bira Island Liburan Ala Rantau Squad

Sedulur selawase. Yaps, Satu daerah dan senasib sepenanggungan. Beda profesi yang awalnya gak kenal sekarang kita saudara. Kita, Rantau S...